Senin, 19 November 2012

buku panduan bisnis jagung manis pipilan

4 stars - based on 250 reviews

kami adalah jagung kocok, produsen jagung manis jagung kocok.
Berada di Bekasi, Jawa Barat
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Bab I. Pendahuluan
1.      Profil perusahaan
a.       Nama usaha
b.      Nama dan alamat pemilik
c.       Nama dan alamat penanggung jawab
d.      Informasi bisnis yang dilaksanakan
2.      latar belakang
3.      analisis S.W.O.T
      Bab II. Kekuatan usaha                                                                                         
a.       Jenis usaha
b.      Nama perusahaan
c.       Nama penyusun
d.      Alamat rumah
e.       Alamat kantor
       Bab III. Rangkuman eksekutif
a.       Latar belakang
b.      perspektif masa depan usaha
c.       hambatan yang akan dihadapi
d.      pemecahan masalah
e.       bentuk
f.       jenis
g.       kegunaan
        Bab IV. Penelitian modal dan pengembangannya                                      
        Bab V. Pasar dan segmentasi pasar                                                                               
a.       jenis pasar yang akan dimasuki
b.      segmen pasar bagi pemasaran produk
c.       strategi pemasaran,perencanaan
         Bab VI. Appendiks
         Bab VII. Neraca permodalan
a.       permodalan
b.      laporan laba rugi
c.       analisis titik impas
d.      break even point

         BabVIII. Penutup

BAB I
PENDAHULUAN
I.                   PROFIL USAHA


A.    Nama dan alamat usaha
Nama usaha                :          JAGUNG KOCOK
Jenis Usaha                 :          Makanan Ringan
Alamat Perusahaan     :          Jalan Danita Raya Blok C 26 No 4
                                             Bekasi Jaya Indah, Bekasi Timur, Bekasi 17112

B.     Nama dan alamat pemilik
Nama Pemilik              :           Richard Fransiskus
                                               
C.    Nama dan alamat penanggung jawab
 Nama                          :           Richard Fransiskus
Alamat                         :   Jalan Danita Raya Blok C 26 No 4
                                       Bekasi Jaya Indah, Bekasi Timur, Bekasi 17112


D.    Informasi bisnis yang dilakukan
Usaha bisnis ini sudah berjalan. Jagung Kocok adalah bidang usaha pengadaaan bahan baku jagung manis pipilan yang menyuplai pengadaan bahan baku bagi reseller usaha jagung amnis pipilan, katering, event organizer, restoran, dll



II. LATAR BELAKANG



Dalam kehidupan didapati banyak tantangan hidup yang harus diatasi, dihadapi bahkan diselesaikan. Meliputi tantangan bersaing dalam keadaan fisik maupun mental. Hal tersebut merupakan suatu hal pemenuhan dalam kebutuhan baik rohani maupun jasmani.
Didasari oleh zaman yang semakin maju, modern dan persaingan memenuhi kebutuhan yang semakin pesat, kami sebagai pelaku dalam menjalani kehidupan untuk memerangi persaingan kini bertekad membangun sebuah usaha yamg bernama “JAGUNG KOCOK”.
Dikatakan usaha hanyalah sebagian kecil dari niat yang nantinya akan berwujud sesuai keinginan atau hanyalah khayalan belaka. Untuk itu utama daalm menjadikan usaha yang berhasil dan memuaskan inilah dibutuhkan suatu konsep yang berbentuk proposal ini, didalam proposal ini tercantum segala rincian yang dibutuhkan agar usaha yang nantinya dijalankan akan berhasil sesuai keinginan. Merupakan sebagai pacuan atas kelayakan usaha yang nantinya akan dijalani. Pembuatan proposal ini termasuk sebuah usaha agar terciptanya usaha kecil yang mampu bertahan atas segala ujian pada zaman globalisasi saat ini.
Sehingga untuk suatu usaha dapat berpotensial bertahan, berkembang, maju dan dapat menghasilkan yang diharapkan. Proposal usaha ini dimaksudkan untuk menjadikan dokumen tertulis mengenai usaha-usaha baru yang sedang direncanakan dan dalam proses.
Diharapkan pula proposal usaha ini merupakan media komunikasi yang dapat diandalkan untuk pengembangan usaha dan kejasama dengan seluruh pihak yang terkait. Segala hal yang dibuat oleh tangan manusia tiadalah sempurnanya, untuk itu tak ada gading pula yang tak retak. Saran dan kritikan atas proposal usaha yang saya buat ini sangatlah menjadi hal yang akan selalu membangun dan memajukan.




III. ANALISIS S.W.O.T


Strenght (Kekuatan)
Dalam merencanakan usaha ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi seseorang yang belum berpengalaman sebelumnya dalam dunia usaha. Dalam proses perencanaannya saja dapat terinci berbagai persoalan, namun dibalik sebuah ujian didapati pula sebuah dukungan dan kinerji sebagai penyemangat dan pengsukses usaha ini,walaupun baru dalam proses perencanaan saja.
Realita hingga saat ini yang dapat membangun dan membuat berhasil dalam proses penyusunan proposal untuk usaha ini seperti  kerjasama para pengusaha, penulis proposal handal dan dukungan fisik bahkan moril. Sesungguhnya masih terdapat banyak hal yang membantu dalam melancarkan usaha yang sedang dalam proses ini. Akan tetapi tak lupa selalu di jadikan sebuah motifasi dalam penyusunan dan perencanaan selanjutnya.
Usaha kami memiliki tempat usaha yang strategis disertai dengan menu yang sehat enak lezat bergizi tinggi dan juga cara pembuatan yang cukup simple. Pesaing bisnis ini juga tergolong masih sangat jarang hingga kami memiliki
peluang yang cukup besar.


Weakness (kelemahan)
Dijadikan sebuah pembelajaran dan pengalaman jika terdapat banyak kesulitan dan hal yang menghambat proses penyusunan dan perencanaan usaha ini, tak lupa pula sebuah kekurangan waktu membuat penghambatan dalam penyelesaian yang efisien. Tak kunjung dari kurangnya waktu keterbatasan pengetahuan dan pengalaman menjadikan batu kerikil yang dapat membuat usaha ini semakin lamban. Didasari oleh ketekunan semoga dapatlah segala kelemahan-kelemahan itu dapat segera teratasi.  Dalam usaha kami, ada hal-hal yang menjadi sebuah kelemahan dan kekurangan, yang diantaranya adalah kapasaitas modal yang sangat minimal.
Opportunity (Peluang)
Dalam masalah penemuan peluang dalam keadaan aslinya dapat terlihat jelas bagaimana realita masyarakat yang begitu antusias dalam melengkapi dan meningkatkan kadar kesehatannya. Sehingga begitu banyak permintaan dan harapan-harapan yang menjadi dorongan bahkan factor utama dalam merencanakan lebih dalam dan matang lagi. Di  harapkan dengan keteguhan hati dapat menjadi sebuah keberhasilan dan kesuksesan usaha ini untuk saat ini dan kedepannya. karena pada dasarnya di zaman sekarang yang semakin marak issue pencemaran berbagai makanan kami ingin menunjukan bahwa ada makanan yang simple dan berkualitas tinggi. yang menurut survey para pelaku bisnis ini sebelumnya, adalah jenis usaha yang menu nya diminati oleh seluruh lapisan masyarakat.
Threat (ancaman)
Begitu pula dengan keadaan yang membuat sebuah kerja usaha semakin memiliki nilai plus dalam setiap proses pencapaiannya bila dapat segera menganalisis segala ancaman dalam proses tersebut. Dalam hal ini realita yang ada adalah didapati berbagai kesamaan usaha yang sedang direncanakan atau dapat disebut saingan bisnis.
Oleh karena adanya hal seperti itu menjadikan sebuah tantangan yang menjadikan proses usaha semakin berkembang, kretif dan berantusias menghasilkan yang terbaik.

BAB II
RENCANA  USAHA



Jenis Usaha                             Pengolahan Jagung Manis menjadi beraneka
makanan yang sehat lezat dan bergizi tinggi

Nama Perusahaan                    JAGUNG KOCOK

Nama Penyusun                      Richard Fransiskus

Alamat Usaha                         Jalan Danita Raya Blok C26 No 4
                                              Bekasi Jaya Indah, Bekasi Timur, Bekasi 17112







Jakarta, 15 September 2012


BAB III
RANGKUMAN EKSEKUTIF



Usaha yang akan kami mulai adalah usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan pemanfaatan jagung manis yang segar menjadi hidangan menu masakan yang nikmat, bergizi, berselara tinggi dan sehat untuk metabolisme tubuh. Karena pada dasarnya jagung adalah jenis sayuran yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, apalagi dengan jagung yang segar bebas dari bahan kimia yang nantinya akan merusak tubuh manusia secara perlahan. Nantinya jagung yang kami gunakan bukanlah jagung luar negeri atau hasil impor, melaikan jagung hasil tanaman sendiri, dengan tujuan utama adalah jagung bebas bahan pengawet kimia, dan unsure –unsur kimia lainnya. Karena tekad dalam usaha kami ini adalah menyediakan olahan jagung manis yang sehat dan gemar dikonsumsi siapapun.
Usaha ini mungkin masih jarang diminati orang banyak, karena kebanyakan mereka hanya membuat sebagai makanan untuk disajikan dirumah saja, namun oleh karena itu kami berusaha untuk mengembankan usaha ini agar dapat lebih maju lagi dan menunjukan citra yang baik akan segala macam olahan jagung manis yang segar sehat dan bergizi tinggi.
Oleh karena itu sangat besar harapan kami dapat menjalankan dan mengembangkan usaha ini dengan semaksimal mungkin serta dengan inovasi olahan selanjutnya yang pastinya dapat disukai dicintai digemari semua kalangan.

PRESPEKTIF MASA DEPAN USAHA


  1. LATAR BELAKANG
Zaman dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah, duahal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli
makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,baru memikirkan harga. Oleh karena itu olahan jagung manis banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, olahan jagung manis pipil menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan. Dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia. Dari segi harga, harga jagung manis mudah dijangkau semua kalangan masyarakat. Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan jagung manis pipil, dimana dari segi rasa memenuhi konsumen yaitu enak, dari segi gizi jagung manis sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen, karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga jagung manis terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masayrakat.
Usaha yang akan kami mulai adalah usaha industry kecil, yaitu olahan jagung manis menjadi jagung yang dipipil lalu direbus dan setelahnya diberi campuran keju parut dan bahan pelengkap lainnya, seperti cokelat, kacang strawberry, bahkan sauce.
Dengan factor produksi yang relative murah dan terjangkau serta mudah didapat. kami yakin usaha perdana yang kami lakukan ini memiliki berbagai aspek yang dapat menguntungkan, bagi pribadi maupun orang lain.


  1. PRESPEKTIF MASA DEPAN USAHA
Dalam usaha untuk memulai gagasan usaha ini, kami memiliki pemikiran tentang prospektif masa depan usaha. Kami memikirkan tentang kekuatan (potensi) dan peluang bagi bisnis kami.
Potensi yang kami miliki yang dapat kami gunakan untuk membuat produk kami memiliki keunggulan kompetetif dan keunggulan komperatif terhadap pesaing. Yang diantaranya merupakan     :
1)      Pengetahuan jagung manis yang bermutu dan bebas bahan kimia, sehingga dapat menghasilkan produk yang sehat alami.
2)      Bahan-bahan murah sehingga harga dapat bersaing.
3)      Para pesaing (pelaku bisnis) belum begitu serius mengolah usaha dengan produk sejenis.
Kami memiliki keyakinan bahwa produk ini dapat diterima oleh masyarakat. Peluang ini kami pelajari karena masyarakat dewasa ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut,baru memikirkan harga. Oleh karena itu olahan jagung manis banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, olahan jagung manis pipil menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan.
Hal ini menunjukan peluang yang kami miliki adalah            :
1)      Masyarakat membutuhkan makanan yang sehat bergizi.
2)      Dengan produk yang bervariasi diharapkan masayrakat tidak jenuh.
3)      Bahan baku mudah diperoleh dan murah.

  1. HAMBATAN YANG AKAN DIHADAPI
Selain potensi tersebut kami memiliki kelemahan yang akan menjadi hambatan usaha, seperti :     
1)      Merupakan suatu produk yang sudah ramai dipasaran.
2)      Kapasitas produksi yang terbatas
3)      Dukungan financial yang terbatas
4)      Kurangnya sarana promosi dan jaringan pemasaran
Selain kelemahan, ada ancaman yang harus segera diatasi. Ancaman tersebut adalah :
1)      Belum adanya hak paten
2)      Kemungkinan pemalsuan produk kami di pasaran yang akan mengurangi pemasaran.
  1. PEMECAHAN MASALAH
Untuk mengatasi kelemahan dan ancaman usaha, kami berusaha untuk :
1)      Mengadakan devisi penelitian, model dan pengembangan pada perusahaan.
2)      Menjalin kerjasama dengan pihak lain yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.
BENTUK, JENIS dan KEGUNAAN


I.                   BENTUK
Pada tahapan awal produk yang akan dihasilkan adalah  :
Sweet corn pipil dengan kombinasi berbagai rasa pelengkap tambahan, seperti keju parut, cokelat, susu vanilla, sauce pedas bahkan rasa-rasa lainnya yang akan menjadi variasi tersendiri bagi usaha kami.

II.                JENIS

Perusahaan ini bergerak dalam pengolahan makanan (industry kecil) yang bahan bakunya adalah jagung manis.
Produk yang dihasilkan adalah jagung manis pipil yang setelat dipipil direbus lalu dihidangkan menggunakan cup.
III.             KEGUNAAN
Usaha ini selain berguna dalam penciptaan produk baru, juga berupaya memberikan kepada masyarakat pada umumnya bahwa jagung manis dapat diolah sedemikian rupa sehingga akan dengan mudah dinikmati kapanpun. Disamping itu tidak sulit untuk mengkonsumsi makanan sehat bergizi enak dan murah meriah.

BAB IV
PENELITIAN, MODEL DAN PENGEMBANGAN



Kami menyadari usaha ini tergolong usaha kecil. keterbatasan kemapuan belum memungkinkan untuk menanggung risiko usaha besar.
Dengan berjalannya usaha ini, kami berharap produk ini berkembang dan dapat menguasai pasar.
Untuk itu upaya penelitian kami adalah :
1)      Mengadakan survey  tentang model produk yang diinginkan konsumen.
2)      Mengadakan survey tentang rasa-rasa kegemaran produk yang sedang trend.
3)      Mengadakan survey tentang produk yang dapat dihasilkan dari bahan baku yang ada.
Variasi rasa bagi usaha kami merupakan hal yang saya unggulkan. Untuk itu, kami menargetkan setiap bulan selalu ada satu rasa unggulan atau variasi baru. Agar memotivasi karyawan lebih kreatif.
Untuk pengembangan usaha ini. Kami akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat mendukung usaha ini, meliputi :

1)      Bank milik pemerintah ataupun swasta yang mendukung financial.
2)      Distributor jagung manis yang unggul.
3)      Lembaga yang sedang mengadakan kegiatan yang mengundang massa, seperti       :
a.       Bazaar
b.      Pentas seni
c.       Kejuaraan olahraga dengan sekaligus mempromosikan produk.
PASAR & SEGMENTASI PASAR



BAB V

1)    Jenis pasar yang dimasuki
Usaha ini dikatakan sebagai pengikut pasar (follower market) yaitu, pasar yang memiliki pelanggan pasar walau tidak terlalu besar. Telah banyak pabrik besar yang membuat produk-produk serupa, tetapi kami  berkeyakinan mampu memproduksi barang yang lebih bervariasi, sehingga dapat memiliki pelanggan tesendiri.
2)    Segmen pasar bagi pemasaran produk
Dalam hal ini kami berupaya untuk mengidentifikasi pelanggan yang potensial yang akan membeli produk. Kami sadari pelanggan merupakan factor yang sangat penting bagi usaha, karena keterbatasan segala usaha yang telah kami lakukan tidak memungkinkan untuk melayani seluruh lapisan. Agar suatu pelayanan terfokus bagi pelanggan.
Kami memilih segmentasi pasar (pelanggan utama) bagi produk ini adalah seluruh lapisan masyarakat, agar dapat cepat menguasai pasar. Karena jenis produk ini adalah makanan ringan yang siapapun pasti cepat suka jika sesuai selera.
3)    Strategi pemasaran
Produk yang kami tawarkan memiliki nilai tambah dan berkualitas. Untuk menaikan nilai tambah saya mencoba untuk menghasilkan produk yang unik dan menarik serta berkualitas baik.
Pemasaran yang kami lakukan dengan langsung memproduksi dan melayani serta melakukan transaksi langsung di toko yang kami miliki.


BAB VI
APPENDIX
  Berikut ini kami sampaikan kutipan Surat Keputusan Sebagai landasan Usaha Jagung Manis yang memiliki prospek di Indonesia.


MENTERI PERTANIAN
REPUBLIK INDONESIA


KEPUTUSAN MENTERI PERTANIAN


NO. : 45/Kpts/TP.240/2/2000

TENTANG

PELEPASAN JAGUNG MANIS SUPER SWEET 
SEBAGAI VARIETAS UNGGUL DENGAN NAMA 
SUPER SWEET


MENTERI PERTANIAN,


Menimbang : a. bahwa dalam rangka usaha meningkatkan produksi Jagung Manis, varietas unggul mempunyai peranan penting;

b. bahwa Jagung Manis Super Sweet potensi hasil tinggi, nilai kemanisan tinggi, penampilan tanaman kokoh dengan daun berwarna hijau gelap, umur panen segar agak dalam, ukuran tongkol agak besar, tahan terhadap penyakit karat daun, toleran terhadap penyakit bulai, tahan rebah dan baik ditanam didataran rendah sampai tinggi;
c. bahwa berdasarkan hal tersebut diatas, dipandang perlu untuk melepas Jagung Manis Super Sweet sebagai varietas unggul.


Mengingat : 1. UndangÄUndang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1992;
2. Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1995;
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1971;
4. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1974;
5. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 136 Tahun 1999;
6. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 355/M Tahun 1999;
7. Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 461/Kpts/Org/11/1971;
8. Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 645/Kpts/Kp.150/9/1994;
9. Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 53/Kpts/Kp.150/1/1995;
10. Keputusan Menteri Pertanian Nomor 902/Kpts/Tp.240/12/96 jo Keputusan Menteri Pertanian Nomor 737/Kpts/Tp.240/9/1998;11. Keputusan Menteri Pertanian Nomor 1016/Kpts/Ot.210/12/1998; 

Memperhatikan : Surat Badan Benih Nasional No. 008/BBN/I/2000 tanggal 28 Januari 2000.

M E M U T U S K A N :


Menetapkan : 
PERTAMA : Melepas Jagung Manis Super Sweet sebagai varietas unggul, dengan nama Super Sweet.

K E D U A : Deskripsi Jagung Manis varietas SUPER SWEET seperti tercantum pada Lampiran Keputusan ini. KETIGA : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.


Ditetapkan di J a k a r t a
pada tanggal 25 Februari 2000
MENTERI PERTANIAN,

ttd.

MUHAMMAD PRAKOSO


SALINAN Keputusan ini disampaikan Kepada Yth. :

1. Menteri Dalam Negeri;
2. Menteri Negara Riset dan Teknologi/Ketua BPPT;
3. Menteri Negara Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri;
4. Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan;
5. Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia;
6. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan
Nasional;
7. Pimpinan Unit Kerja Eselon I di lingkungan Departemen Pertanian;
8. Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Propinsi di Seluruh Indonesia;
9. Kepala Kantor Wilayah Departemen Pertanian di Seluruh Indonesia.



Lampiran Keputusan Menteri Pertanian
Nomor : 45/Kpts/TP.240/2/2000 
Tanggal : 25 Februari 2000




BAB VII
NERACA PERMODALAN

Jagung Kocok
Aktiva
Passiva
Kas
Rp
Modal Richard Fransiskus
Rp32.000.000
Persediaan peralatan
Rp


Persediaan perlengkapan
Rp


Persediaan baha baku
Rp


Beban listrik
Rp


Beban gaji
Rp


Beban telpon
Rp


Beban bensin
Rp


Jumlah
Rp

Rp








Biaya yang dibutuhkan
  1. Eqiupment
Nama peralatan
Satuan
Harga satuan
Total
Gerobag etalase
1
Rp
Rp
Panci kukusan
1
Rp
Rp
Kompor Gas
1
Rp
Rp
Toples selai
6
Rp
Rp
Solet kecil
2
Rp
Rp
Parutan keju
2
Rp
Rp
Tempat garpu,dsb
1
Rp
Rp

Jumlah


Rp

  1. Supplies per satu bulan
Nama barang
Satuan
Harga satuan
Total
Selai strawberry



Selai blueberry



Selai nanas



Margarine



Cokelat ceres



Selai kacang



Susu vanilla



Saus sambal ABC



Keju batang



Plastic kantong



Gelas cup



Jumlah




  1. Supplies per 2 hari
Nama perlengkapan
Satuan
Harga satuan
Total
Isi ulang gas



Jagung manis







Jumlah




·         Maka selama 1 bulan biaya untuk isi ulang gas dan jagung manis adalah Rp53.000*12 = Rp636.000
·         Total pengeluaran perbulan (Variable cost) adalah
Rp1.115.000+Rp636.000= Rp1.751.000
·         Diperkirakan sehari mampu menjual 30 cup*24 hari= 720 cup selama sebulan.
·         Hagra satuan Rp5.000*720 cup= Rp3.600.000
·         Pendapat kotor selama sebulan = pendapatan kotor – variable cost
= Rp3.600.000-Rp1.751.000
= Rp1.849.000 (pendapatan kotor perbulan)
Pendapatan sebesar Rp1.849.000 tersebut adalah pendapatan dari harga jual cupcorn  terendah, sedangkan kita mempunyai bermacam–macam harga cupcorn sesuai dengan rasa yang dinginkan ini dapat dilihat pada table daftar harga roti berikut ini :





PERMODALAN
A.    Perhitungan harga
·         Harga pokok
Harga bahan baku dan variable                       =         
·         Hpp per porsi         =>                              
=        

·         Harga jual                                                                         
HPP                                               =                                
Laba yang diinginkan                    =                              
                                                                 
persentase keuntungan                   =          
 =     
LAPORAN LABA RUGI
            Pendapatan per bulan
            Omset penjualan 720 porsi*Rp5.000              Rp
Biaya-biaya
Biaya produksi dan biaya variable                  Rp
Laba kotor                                                                             
Beban per satu bulan
-          Listrik                                                  Rp.
-          Telepon                                               Rp.
-          Bensin                                                             Rp.
-          Gaji karyawan                                     Rp.
Rp           
Laba bersih                                                                  Rp. 


DAFTAR HARGA

Padahal dalam sehari cupcorn yang terjual tidak selamanya index harga yang terendah, index harga cupcorn yang terjual brevariasi sesuai dengan permintaan pembeli rasa apa yang pembeli inginkan. Sehingga bukan tak mungkin pendapatan bersih kami selama 1 bulan bisa mencapai lebih dari Rp.1.849.000;

Rasa
Harga

Strawberry/nanas + kacang/cokelat
Rp
Strawberry/nanas +  cokelat + kacang
Rp
Kombinasi Coklat + Kacang
Rp
Kombinasi saus sambal + keju + susu
Rp
Kombinasi keju + susu + cokelat
Rp
Kombinasi keju + susu + strawberry
Rp
Kombinasi keju + susu + blueberry
Rp
Kombinasi keju + susu +kacang
Rp
Kombinasi keju + susu + nanas
Rp
Kombinasi keju + susu + blueberry + cokelat
Rp
Kombinasi keju + susu + strawberry + cokelat
Rp
Dsb. sesuai permintaan pembeli


Analisa Titik Impas (BEP)
Dalam menghitung analisis titik impas ini kita terlebih dahulu menentukan
jumlah total investasi awal.
Kemudian setelah diketahui jumlah total nilai investasi awal maka selanjutnya kita menentukan pendapatan bersih setiap bulannya. Disini kita menggunakan nilai pendapatan bersih terendah setiap bulan yaitu Rp949.000
Dari hasil diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita akan balik modal pada bulan ke 3.05, jika pendapatan bersih kita per bulan nya adalah Rp949.000
Padahal pendapatan tersebut terjadi jika selama satu bulan cupcorn yang terjual adalah cupcorn dengan harga terendah yaitu Rp. 5.000,- sedangkan dalam setiap penjualan tentu cupcorn yang terjual adalah dengan harga yang bervariasi sesuaidengan daftar harga yang tertera.
Jadi bukan tidak mungkin kita akan balik  modal lebih cepat dari 3.05  bulan.
Harga jual terendah perporsi cupcorn Rp5.000
Target penjualan 1 hari            = 30 cupcorn
                                                = 30 * Rp5.000
                                                = Rp150.000
Pendapatan perbulan               = 24 hari * Rp150.000
                                                = Rp3.600.000

BEP = Biaya Tetap =  Rp5.500.000               =          Rp5.500.000
            Profit               (Rp5000-Rp2500)                   Rp2500
                                                                        =          2200 cupcorn

Penjualan 720 porsi
Maka 2200 : 720 = 3.05 bulan atau 92 hari sudah terjadi BEP

Profitabilitas
Laba bersih/total penjualan * 100%
= Rp949.000/ Rp3.600.000 * 100% = 26.36 % (perbulan)

Rentabilitas
Laba bersih/modal * 100%
= Rp949.000/ Rp1.751.000* 100% = 54.2 %
PENUTUP




Demikian Bussiness Plan ini kami buat, semoga dapat diterima bagi orang banyak yang membacanya bahkan dapat bermanfaat. Tak lupa kami mengucap syukur kehadirat Allah SWT, karena atas Rahmat-Nya yang diberikan kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan proposal ini. Bussiness Plan ini kami buat sebagai salah satu persyaratan penting agar  dapat terwujudnya usaha yang telah tercantum jelas pada perincian proposal ini. Atas layak atau tidaknya tergantung dari setiap tatap para pembacanya, terutama pelaku bisnis.

Semoga dengan telah usai syarat yang penting ini usaha ini dapat dengan segera tewujud.
Tak selamanya manusia benar atas segala prilakunya.
Tak selama manusia akan dipandang sempurna oleh orang lain.
Dan tak ada pula gading yang tak retak.

Untuk itu segala kritik, saran dan masukan–masukan baik positif ataupun negative sangatlah kami harapkan dari para pembaca. Agar menjadi pelajaran dan pemyempurna proposal selanjutnya.
Terimakasih atas segala perhatian, bantuan dan partisipasi pihak terkait sehingga proposal ini dapat terselesaikan.

Penyusun
Jakarta, 20 Oktober 2011




DATA PERUSAHAAN

1. Nama Perusahaah          :    JAGUNG KOCOK (SHAKE CORN )

2. Bidang Usaha                :    MAKANAN RINGAN

3. Jenis Produk                  :    JAGUNG MANIS PIPILAN

4. Alamat Perusahaan        :    Jln. Nusantara raya Perumnas 3 Bekasi ( Depan Bank BRI )

5. Nomor Telepon              :    021-91103389

6 Facebook                        :    sweetcorn_mania@hotmail.com

kami adalah Produsen jagung manis pipilan
Info Agen / UKM/ Reseller:
021-91103389 (richard )
http://www.facebook.com/jagungmania


Jagung kocok Sweet Corn
Jagung manis varietas SD3-IPB
Waralaba Jagung kocok / shake corn adalah salah satu waralaba jagung manis Yang Sedang Sukses saat ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa jagung lebih familier untuk lidah orang indonesia. Jagung yang rasanya manis akan bertambah nikmat jika jagung dikombinasikan dengan menu rasa, salah satunya susu dan keju.
Memilih usaha waralaba jagung manis adalah pilihan yang sangat tepat mengingat cost / modal dan biaya operasional usaha franchise sweet corn cup ini yang terbilang sangat rendah tapi dengan harga jual yang cukup menarik.
Terdapat banyak perusahaan waralaba jagung manis atau franchise sweet corn cup ini di Indonesia yang semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.
Jika anda berminat untuk membuka usaha waralaba jagung kocok / shake corn cup sebaiknya pilih perusahaan waralaba yang profesional dalam pengelolaan usaha karena jika tidak maka anda akan kehilangan usaha.


VISI DAN MISI :

VISI
1.    Menjadi Perusahaan Franchise terbesar dan terdepan di bidang  makanan Kesehatan.
2.    Market Leader dalam Franchise sweet corn ( jagung manis ) di Indonesia.
3.    Menciptakan Kehidupan Yang Lebih Baik.
4.    Memasyarakatkan jagung manis sebagai makanan sehat.

MISI
1.    Membantu program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan di Indonesia
2.    Menciptakan Lapangan pekerjaan baru
3.    Menciptakan Usahawan-usahawan mandiri dan sukses
4.    Meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui paket Usaha




MOU KERJASAMA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                          :
Jabatan                        :
Perusahaan                  :
No Telepon/ HP          :
Alamat                                    :
Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama.
Nama                          :
Jabatan                        :
Perusahaan                  :
No Telepon/ HP          :
Alamat                                    :
selanjutnya disebut sebagai pihak kedua.

Pasal 1.
            Pihak pertama sebagai Produsen Jagung manis pipilan bekerjasama dengan pihak kedua sebagai Mitra usaha. Pihak pertama “memasok kebutuhan jagung manis pipilan” kepada pihak kdeua. Fluktuatif harga mengikuti harga di pasaran.

Pasal 2.
            Pihak Kedua memberi jaminan deposit kepada pihak pertama untuk pengadaan jagung manis pipilan sesuai dengan kuotanya.

Pasal 3.
            Pihak kedua berhak menggunakan jagung manis pipilan yang dipasok oleh pihak pertama untuk segala macam kebutuhan usaha yang dikelola oleh pihak kedua. kedua pihak saling berkonsultasi untuk kelangsungan usaha pihak kedua.

Pasal 4.
            Pihak kedua tidak boleh menerima pasokan jagung pipilan selain dari pihak pertama (untuk situasi darurat harus mendapat persetujuan dari pihak pertama)

Pasal 5.
            Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak, harus diselesaikan dengan jalan musyawarah.

Pasal 6.
            Deposit akan hangus apabila tidak ada transaksi seminimal mungkin dalam jangka  satu bulan. Dalam keadaan mendesak pihak kedua dapat mengajukan perpanjangan jangka kepada pihak pertama.
Demikian pasal-pasal tersebut disepakati dalam keadaan sadar oleh pihak pertam dan pihak kedua.
PIHAK PERTAMA                                                         PIHAK KEDUA





……………………………….                                                   ……………………………….








SYARAT SYARAT KEMITRAAN JAGUNG KOCOK.
  1. Memiliki tempat usaha.
  2. Memiliki Grobak/ boot (Bisa dikonsultasikan atau diadakan oleh vendor)
  3. Memiliki SDM
  4. Memiliki peralatan full set ( disesuaikan dengan lokasi unit usaha )
  5. Menyerahkan Deposit yang ditentukan oleh Vendor. Deposit sebagai jaminan pengadaan barang.
Langkah-langkah pengajuan Kemitraan :
  1. Survei tempat usaha
  2. Penandatangan MOU kerjasama kemitraan dan penyerahan Deposit (sesuai dengan Spesifikasi Klass)
  3. Pelaksaan Usaha.
Limit deposit menurut kuota :
* 10 kg            : Rp. 250.000 ( khusus daerah Bekasi )
* 20 kg            : Rp. 500.000
* 30 kg            : Rp. 750.000
* 40 kg            : Rp. 1.000.000
* 50 kg            : Rp. 1.250.000 (klass agen mendapat barang bonus)
CATATAN : deposit dapat berubah sesusai dengan isi MOU
Kegunaan Deposit :
  1. Menjamin ketersediaan barang baku
  2. Menjamin Kuota produksi pipilan
  3. Menjamin jalur lalu lintas barang.
  4. Menjaga harga yang fluktuatif
  5. Memberi keuntungan Bonus yang diberikan oleh Vendor. ( langsung atau berkala )


BUKU PANDUAN MITRA JAGUNG KOCOK

Mitra diharuskan memiliki pandangan terhadap :
1. Perencanaan.
2. Organisasi.
3. Pelaksanaan.
4. Pengawasan.
1. Perencanaan.
  • Merencanakan kebutuhan mitra dalam suatu agenda. Perencanaan itu antara lain setting tempat usaha yang optimal. Sehingga kegiatan mitra dalam menjalankan usaha memiliki kinerja yang efisien dengan biaya murah tanpa mengurangi image kuliner yang akan disampaikan kepada konsumen.
  • Menentukan supplier sekunder untuk menyediakan bahan baku pendukung.
  • Menentukan harga jual yang sesuai dengan kemampuan konsumen, sesuai dengan estimasi total. Yang dikejar adalah kuantitas optimal penjualan, untuk menghasilkan aliran keuntungan yang lancar.
  • Menciptakan market / pasar yang mengajak konsumen menjadi langganan. Semakin banyak langganan akan mendongkrak kuantitas penjualan sehinggal menghasilkan keuntungan yang efisien.
  • Membuat sitem pembukuan untuk mengontrol aliran dana masuk dan keluar. Sistem pembukuan akan mempermudah nantinya dalam pengawasan dan menilai prospek usaha untuk pengembangan outlet berikutnya.
  • Membuat sistem stok barang. Ketiadaan salah satu item akan mempersulit kinerja penjualan.
2. Organisasi.
Mitra bergantung pada SDM, Vendor,Supplier pendukung dan Konsumen dalam menjaga kelangsungan usahanya. Mitra harus memberikan pengertian kepada SDM,
sebagai ujung tombak dalam menjalankan usahanya.
  • SDM:
    • Sebagai ujung tombak pemasaran produk.
    • Memahami item bahan baku sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.
    • Menjalin komunikasi dengan konsumen sebagai service.
    • Mau bekerja keras, jujur, skill, memiliki record nilai, adanya reward dan punishment dan memahami visi misi produk.
    • Vendor : Mengkomunikasikan kebutuhan bahan baku utama dan mempelajari kendala-kendala yang ada. karena karesteristik tiap tempat memiliki keaneka-ragaman kendala.
    • Supplier pendukung : Menentukan pengadaaan bahan baku pendukung yang murah untuk menekan cost, tanpa mengurangi kualitas barang yang digunakan.
    • Konsumen : Berikan pengerian produk kepada konsumen dengan fitur-fitur tampilan dan layanan yang menarik.
3. Pelaksanaan.
Menjalankan hasil dari perencanaan dan Organisasi. Mitra berusaha untuk mengenjot omset sebesar-besarnya. Omset harian tidak menjamin prospek. Sebaknya mitra melihat omset dalam rata-rata penjualan perbulan tanpa meninggalkan grafik omset harian. Bisnis ini ditekankan untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Karena pelanggan akan membantu proses promosi secara berkala.  Mitra ditekannkan untuk menjaga kualitas cita rasa agar tidak mengecewakan konsumen.
4. Pengawasan.
Fungsi kontrol diperlukan untuk mengevaluasi segala macam pelaksanaan yang sudah dijalankan dalam bentuk perencanaan, organisasi dan pelaksanaan. Minimla dilakukan sebulan sekali. Fungsi kontrol dilakukan untuk mengkoreksi segala sesuatu kesalahan atau disfungsi. Agar kesalahan itu tidak terulang kembali.
ASPEK-ASPEK YANG PERLU DIPERHATIKAN TENTANG OUTLET :
  1. Aman dan nyaman dari segala ancaman. Karena tempat yang tidak aman dan tidak nyaman akan menumbuhkan citra yang tidak baik di mata konsumen.
  2. Dekat dengan sentra bisnis, pendidikan, pemukiman, pasar, dll.
  3. Memiliki lalu lintas yang padat dengan kecepatan rendah. Umumnya lalu lintas dengan kecepatan tinggi membuat orang sungkan untuk mampir.
  4. Bukan dikawasan tertib lalu lintas.
  5. Jalan alternatif yang ramai jauh lebih efisien.
  6. Jangan terlalu dekat dengan makan berat. berkumpulah dengan komunitas makanan / minuman ringan. karena Jagung Kocok adalah klass makanan ringan yang prakstis dan cepat saji.
ASPEK-ASPEK YANG PERLI DIPERHATIKAN TETNTANG BAHAN BAKU :
  1. Dekat dengan penyimpanan bahan baku.
  2. Jauhkan dari panas terik matahari. karena ada beberapa bahan yang mudah lumer.
  3. Simpan ditempat yang kedap udara untuk bahan stok keju, jagung frezz, susu, mayonaise, mentega , dll.
  4. Jagung Frezz harus dipertahankan suhunya utnuk mencegah bahan rusak. Disarankan menggunakan frezzer.
  5. Dekat dengan sumber air bersih. Minimal mempunyai stok air bersih utnuk cleaning dan pengukusan jagung.
KEUNGGULAN PRODUK JAGUNG KOCOK :
  1. Teruat dari bahan yang segar, sehat dan tanpa bahan pengawet.
  2. Cocok dabn digemari oleh segala kalangan usia.
  3. Cepat saji.
  4. Clean food
  5. Kaya serat.
  6. rendah lemak.
  7. Cita rasa yang unik dan khas.
  8. Praktis. Sehingga konsumen dapat memakannya dimana saja.
  9. Merupakan makanan alternatif yang unggul, sebagai pengganti nasi.
  10. Tidak mudah ditiru orang
  11. Kompetitor yang sedikit dan berani bersaing dengan kompetitor lainnya.
Khasiat jagung antara lain sebagai pembangun otot dan tulang, baik untuk otak dan sistem saraf, mencegah konstipasi, menurunkan resiko kanker dan jantung, mencegah gigi berlubang, serta minyaknya dapat menurunkan kolesterol darah. Kandungan gizi jagung manis lebih tinggi daripada jagung biasa. Mengkonsumsi dua jagung manis rebus, atau sekitar 1,5 gelas, setara dengan mengkonsumsi ¾ gelas nasi. Keduanya sama-sama mengandung 170 kalori, sebab setiap bonggol jagung rebus seberat 250gram mengandung 90,2 kalori.
Jagung manis atau bisa disebut Zea May { dalam bhs latin } merupakan salah satu produk makanan yang sudah banyak di gemari dikalangan orang tua dan muda, karena Jagung manis juga banyak mengandung vitamin yang di butuhkan oleh manusia dan bisa di konsumsi setiap hari nya sebagai pengganti bahan pokok. Saat ini jagung merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh masyarakat. Mayoritas jagung dijual dalam bentuk masih bonggol asli belum diproses lebih lanjut. Hal itu menjadikan nilai tambah dari budi daya jagung optimal, di samping itu sering terjadi kerusakan jagung karena tidak langsung laku terjual. Jagung merupakan tanaman yang memiliki tingkat kestabilan stok dan harga yang stabil. Pengolahan jagung manis dalam bentuk kernell tergolong usaha yang langka. karna bentuk pengolaannya yang terbilang unik. pengolahan dari bahan baku hingga menjadi kernell melewati banyak phase hingga melibatkan banyak tenaga kerja. Jadi usaha ini tergolong usahanya yang padat karya. Setiap phase memiliki tingkat nilai jual dan kontrol kualitas yang baik.
ALASAN PEMILIHAN BISNIS JAGUNG MANIS   
 Analisis Aspek Lingkungan Jagung manis adalah produk halal.
Hal ini memudahkan jagung manis bersosialisasi terhadap masyarakat.Sehingga tidak ada penolakan masyarakat terhadap produk ini. bahkan sebaliknya semakin banyak dukungan masyarakat untuk memotivasi kami untuk menciptakan produk terbaru dari bahan dasar jagung manis. Semakin jagung memasyarakat, maka petani jagung akan diuntungkan. disamping itu menciptakan lapangan kerja bagimasyarakat lokal yang terlibat dalam jalur distribusi.
Analisis Aspek Pemasaran   
Aspek Makro Bahan baku utama dari Kernell adalah jagung manis yang didapatkan di daerah sentra-sentra terbaik.Pesaing produksi makanan kernell jagung manis olahan terbilang sangat langka di Indonesia. Sedangkan permintaan pasarterhadap jagung manis olahan sangat besar.
Pengaturan jarak yang baik antar tiap titik pemasaran akan menciptakan iklim bisnis yang baik terhadap pelaku bisnis ini.konsumsi serta ketertarikan pasar terhadap jagung manis olahan membuat produk ini memiliki jangka waktu lama bertahan dalam persainganglobal.Untuk konsumsi local dan konsumen langsung dapat dicukupi industri rumah tangga Sedangkan Pangsa pasar besar belum banyak terjamah.pelanggan pedagang seperti toko makanan atau swalayan belum dicukupi industri jagung manis olahan.
Aspek Mikro
  1. Jenis produk yang dihasilkan dari usaha yang dilakukan adalah JAGUNG PIPILAN dari bahan baku Jagung manis organik.
  2. Penetapan harga dari produk tersebut adalah berdasarkan pada biaya produksi di tambah mark-up sekitar 30%.
  3. Promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk tersebut adalah dengan promosi penjualan denganmengenalkan produk di tempat2 strategis Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor dan kota besar lainnya.
  4. Pendistibusian barang di samping diambil para  Mitra. Vendor akan mengirimkan langsung pada pasar sasaran dengan cara mengantar ke toko-toko makanan dan swalayan pada pasar sasaran.
Analisis Aspek Operasional        
  1. Disain produk Untuk meningkatkan kualitas output, maka selalu mengamati perkembangan teknologi dan riset produk  atau uji coba produk.
  2. Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha adalah ketersediaan bahan baku untuk proses produksi yang dapat disesuai dengan kuota permintaan.
  3. Pola usaha yang dikembangkan adalah pola produksi kontinyu sehingga setiap waktu selalu menghasilkankernell tanpa terpengaruh waktu dan musim.
Analisis Aspek Sumber Daya Manusia
Jumlah tenaga kerja yang dibuuhkan untuk perusahaan ini terdiri dari
1 orang pegawai kantor untuk Administrasi dan marketing,
1 ORANG litbang
4 Kelompok GAPOKTAN ( Gabungan Kelompok Tani )
1 Kordinator Pengadaan Hulu
1 orang petugas Transportasi sirkulasi bahan baku lapangan
1 orang tukang kupas.
Disamping itu ada 35 orang pekerja produksi borongan untuk merontokan jagung manis dan mengemas.
Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (analisa SWOT)
Kekuatan :  
Halal
Cocok segala kalangan
Harga Terjangkau
Kualitas terjamin
Cepat saji
Cita rasa bervariasi
Kemasan baku
Manajemen baku
Jaringan Pengadaan terorganisir dan kompeten
 Segmen pasar penggemar jagung manis :
  1. Sekolah
  2. Pasar
  3. Rumah Sakit
  4. Kantin
  5. Mini market
  6. Pusat Perbelanjaan
  7. Kampus
  8. Children Games Area
  9. Tempat Hiburan dan Rekreasi
  10. Terminal, Stasiun dan lain-lain

MANFAAT KEMITRAAN
Jalinan Hubungan Kemitraan:
  1. Membentuk suatu pemasaran atau marketing yang baru
  2. Menciptakan sebuah kreasi atau produk baru.
  3. Mengembangkan Strategi untung memperoleh sebuah keunggulan dan keuntungan yang baru
  4. Mengelola sesuatu yang menciptakan daya tarik.
  5. Transfer teknologi yang bermanfaat
  6. Menemukan sumber dana untuk menjalin suatu kerjasama
  7. Pendanaan untuk penelitian dan pengembangan
  8. DLL.
Saat ini jagung merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam oleh masyarakat.Mayoritas jagung dijual dalam bentuk masih bonggol asli belum diproses lebih lanjut.Hal itu menjadikan nilai tambah dari budi daya jagung optimal, di samping itu sering terjadikerusakan jagung karena tidak langsung laku terjual. Jagung merupakan tanaman yang memiliki tingkat kestabilanstok dan harga yang stabil.Pengolahan jagung manis dalam bentuk kernell tergolong usaha yang langka. karna bentuk pengolaannya yang terbilang unik.pengolahan dari bahan baku hingga menjadi kernell melewati banyak phase hingga melibatkan banyak tenaga kerja. Jadi usahaini tergolong usahanya yang padat karya. Setiap phase memiliki tingkat nilai jual dan kontrol kualitas yang baik.
 Pemanfaatan
Jagung manis merupakan salah satu varian dari tanaman jagung dimana memiliki karakter spesial yaitu memiliki rasa manissecara alami. Rasa manis pada jagung manis disebabkan adanya gen resesif yang menghambat pembentukan gula menjadi tepung.Gen resesif yang terdapat pada tanaman jagung manis yang ada dipasaran saat ini adalah gen shrunken 2 (sh2). salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mememberi nilai tambah bagi petani jagung manis adalah dengan menjual produk


PERTIMBANGAN BISNIS
Sejumlah tawaran-tawaran kemitraan non waralaba atau business opportunity (BO) dibidang makanan minuman skala kecil dengan ukuran booth-booth minimalis kini semakin marak. Bagi anda yang bernyali pebisnis, namun bermodal cekak, bisnis semacam ini patut dipertimbangkan.
Salah satunya adalah peluang bisnis makanan dan minuman yang berbasis jagung . Adalah JAGUNG KOCOK yang sebelumnya telah sukses mengembangkan bisnis jagung manis kemasan gelas,kini mengembangkan bisnis makanan dengan membuat konsep kemitraan makanan jagung manis dengan menggunakan bahan- bahan alami.
makanan jagung saat ini sudah menjadi tren masyarakat. Selain bergizi tinggi yaitu mengandung vitamin, karbohidrat, protein dan mineral, makanan semacam ini cocok untuk lidah semua orang.
JAGUNG KOCOK menekankan untuk bisa sukses dibisnis semacam ini selain keuletan. Juga harus memperhitungkan aspek lain misalnya dalam menentukan tenaga penjual, Pemakaian Bahan baku berkualiatas dan pendukung bahan baku.Disamping itu perlu melakukan pengawasan seperti sidak lokasi dan lain-lain.
Masih terkait dengan memilih tenaga penjual, JAGUNG KOCOK menyarankan sebaiknya setiap setoran pendapatan harian sebaiknya sedapat mungkin disetorkan setiap hari,oleh tenaga penjual. Hal ini untuk menekan risiko adanya hal-hal yang tak diinginkan.
Ada hal yang paling penting yang tak boleh dilupakan oleh si mitra yaitu soal gaji tenaga penjual. Untuk bisa menggenjot omset penjualan, si mitra harus mampu pintar-pintar mensiasati hal semacam ini.
Walaupun jagung bukan makanan pokok masyarakat, tetapi jagung adalah makanan yang digemari banyak kalangan. Hal inilah yang menambah optimisme prospek bisnis jagung manis.Dari hal di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis jagung manismasih sangat memungkinkan tanpa merusak keseimbangan pasar yang sudah ada. Pengolahan kernell yang baik akan berakibatpositif dan menambahkan nilai kelas jagung sebagai makanan yang baik untuk dikonsumsi bersaing dengan makan import lainnya.


KHASIAT DAN KANDUNGAN GIZI JAGUNG MANIS
KHASIAT JAGUNG MANIS
Khasiat jagung antara lain sebagai pembangun otot dan tulang, baik untuk otak dan sistem saraf, mencegah konstipasi,menurunkan resiko kanker dan jantung, mencegah gigi berlubang, serta minyaknya dapat menurunkan kolesterol darah. Kandungan gizi jagung manis lebih tinggi daripada jagung biasa. Mengkonsumsi dua jagung manis rebus, atau sekitar 1,5 gelas,setara dengan mengkonsumsi ¾ gelas nasi. Keduanya sama-sama mengandung 170 kalori, sebab setiap bonggol jagung rebus seberat 250gram mengandung 90,2 kalori.
KANDUNGAN GIZI
Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.[2].Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:[3]Kalori : 355 KaloriProtein : 9,2 grLemak : 3,9 grKarbohidrat : 73,7 grKalsium : 10 mgFosfor : 256 mgFerrum : 2,4 mgVitamin A : 510 SIVitamin B1 : 0,38 mgAir : 12 grDan bagian yang dapat dimakan 90 %. Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namum mempunyai kandungan protein yang lebih banyak. Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari


TENTANG JAGUNG MANIS
ETIMOLOGI
Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.
KLASIFIKASI
Berdasarkan temuan-temuan genetik, antropologi, dan arkeologi diketahui bahwa daerah asal jagung adalah Amerika Tengah (Meksiko bagian selatan). Budidaya jagung telah dilakukan di daerah ini 10.000 tahun yang lalu, lalu teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu. [1] Kajian filogenetik menunjukkan bahwa jagung budidaya (Zea mays ssp. mays) merupakan keturunan langsung dari teosinte (Zea mays ssp. parviglumis). Dalam proses domestikasinya, yang berlangsung paling tidak 7.000 tahun oleh penduduk asli setempat, masuk gen-gen dari subspesies lain, terutama Zea mays ssp. mexicana. Istilah teosinte sebenarnya digunakan untuk menggambarkan semua spesies dalam genus Zea, kecuali Zea mays ssp. mays. Proses domestikasi menjadikan jagung merupakan satu-satunya spesies tumbuhan yang tidak dapat hidup secara liar di alam. Hingga kini dikenal 50.000 kultivar jagung, baik yang terbentuk secara alami maupun dirakit melalui pemuliaan tanaman.
DESKRIPSI
DeskripsiJagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif.Tinggi tanaman jagung sangat bervariasi. Meskipun tanaman jagung umumnya berketinggian antara 1m sampai 3m, ada varietas yang dapat mencapai tinggi 6m. Tinggi tanaman biasa diukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum bunga jantan. Meskipun beberapa varietas dapat menghasilkan anakan (seperti padi), pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan ini.
Bunga betina jagung berupa “tongkol” yang terbungkus oleh semacam pelepah dengan “rambut”. Rambut jagung sebenarnya adalah tangkai putik.Jagung termasuk tanaman bijinya berkeping tunggal monokotil, jagung tergolong berakar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8 m meskipun sebagian besar berada pada kisaran 2 m. Pada tanaman yang sudah cukup dewasa muncul akar adventif dari buku-buku batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman.Batang jagung tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum. Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset. Batang beruas-ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung lignin.Daun jagung adalah daun sempurna. Bentuknya memanjang. Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. Stoma pada daun jagung berbentuk halter, yang khas dimiliki familia Poaceae. Setiap stoma dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas. Struktur ini berperan penting dalam respon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun.Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious). Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang disebut floret. Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae (tunggal: gluma). Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betina tersusun dalam tongkol. Tongkol tumbuh dari buku, di antara batang dan pelepah daun.Pada umumnya, satu tanaman hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif meskipun memiliki sejumlah bunga betina. Beberapa varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif, dan disebut sebagai varietas prolifik. Bunga jantan jagung cenderung siap untuk penyerbukan 2-5 hari lebih dini daripada bunga betinanya (protandri).ciri-ciri:panjangberisiada buahyaKlasifikasi ilmiahKerajaan: Plantae(tidak termasuk) Monocots(tidak termasuk) CommelinidsOrdo: PoalesFamili: PoaceaeGenus: ZeaSpesies: Z. maysNama: binomialZea mays ssp. maysL.Jagung (Zea mays L.)merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free Ford Penjualan | Buat Lencana Anda

jadikan ford sebagai kendaraan utama pilihan anda. Rasakan kenyamanan dan teknologi maksimal yang tertanam dalam segala varian ford terbaru. Ford adalah mobil cerdas. Kami memberikan bukti untuk mengangkat citarasa anda dalam berkendaraan.

info ford  indonesia 
wilayah jakarta, bogor, depok, tangerang dan bekasi
sales dealer ATPM :
Telepon : 021-91103389 / richard 






Mengemudikan kendaraan Anda akan membangkitkan kebahagiaan dan menjadikannya sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Untuk menjadikan moment tersebut semakin istimewa, kami tawarkan Ford Solutions kepada Anda. Ford Solutions adalah serangkaian program yang terintegrasi, yang dirancang untuk memberikan kepada Anda pengalaman berkendara “Total Peace of Mind”. Kami menawarkan beragam solusi yang telah disesuaikan dengan gaya hidup, kebutuhan dan harapan Anda. Ford Solutions bahkan menawarkan kepada Anda perlindungan dan keyakinan kepada Ford beserta seluruh jaringan Dealer Ford di Indonesia.

Ford  adalah jawaban atas kebutuhan Anda untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan



fiesta FORD
escape FORD
everest FORD




all new ranger FORD

sumber DATA FORD INDONESIA

website ford
DAFTAR HARGA LENGKAP FORD
FORD ECOSPORT
FORD JAKARTA
FORD INDONESIA

KOORPORASI FORD DUNIA
FORD CORPORATE
FORD AMERIKA
FORD MALAYSIA
FORD PHILIPINES
FORD AUSTRALIA

informasi ini dibangun oleh :
good relation

info ford  indonesia 
wilayah jakarta, bogor, depok, tangerang dan bekasi
sales dealer ATPM :
Telepon : 021-91103389 / richard 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar